SELAMAT DATANG DI BLOG JAKET SEMI FORMAL.

BAHAN JAKET

Jaket yang selama ini beredar di masyarakat banyak jenisnya. Bahan-bahan jeket itu biasanya disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Berikut akan dijelaskan sedikit mengenai jenis bahan yang banyak beredar di negara kita.

Diadora
Bahan ini disebut diadora karena bahan ini meniru dari merek terkenal Diadora (perusahaan Sport International) http://www.diadora.com/ , sehingga disebut oleh orang indonesia bahan diadora. Bahan Diadora ini biasanya digunakan untuk sweater/pakaian yang berbau sport, sehingga kelihatan sporty.


Adidas
Bahan ini juga sama seperti bahan diadora, disebut adidas karena bahan ini meniru dari merek terkenal Adidas (perusahaan Sport International) http://www.adidas.com , sehingga disebut oleh orang indonesia bahan Adidas. Bahan Lotto ini biasanya digunakan untuk sweater/pakaian yang berbau sport, sehingga kelihatan sporty.

Lotto
Bahan ini juga sama seperti bahan diadora dan adidas, disebut lotto karena bahan ini meniru dari merek terkenal Lotto (perusahaan Sport International) http://www.lottosport.com/ , sehingga disebut oleh orang indonesia bahan Lotto. Bahan Lotto ini biasanya digunakan untuk sweater/pakaian yang berbau sport, sehingga kelihatan sporty. tiga jenis kain diatas adalah bahan yang sering digunakan untuk bahan jaket sporty. Lotto dan Diadora adalah bahan jaket yang agak mengkilat dan diadora agak lebih tebal, sementara Adidas lebih tidak mengkilat.

Kanvas
kanvas adalah bahan jaket yang digunakan untuk membuat jaket-jaket kasual dan setengah resmi, Kanvas sendiri ada 2 macam, yaitu kanvas sweeding dan kanvas garuk. Kanvas sweeding bahannya lebih halus, dan seratnya kecil. Sedangkan kanvas garuk, agak sedikit kaku dan seratnya lebih besar-besar dibanding dengan kanvas sweeding. Kedua jenis bahan kanvas ini sering digunakan, sesuai dengan selera pemesan.

Jeans
Bahan jeans ini sudah tidak asing di lingkungan masyarakat, karena biasanya sering digunakan untuk bahan-bahan celana dan jaket merek-merek terkenal.

Twist
Bahan Twist Seratnya sedikit kasar & terlihat seperti agak doff. Penggunaan Bahan ini biasanya untuk Jaket-jaket semi Jas. Sedikit Panas karena mengandung Syntetis. Varian Warna untuk bahan Twist ini biasanya berwarna Gelap (misal biru dongker, hitam, coklat tua, merah marun, hijau tua). Namun ada beberapa pabrik bahan yang mengeluarkan varian warna terang seperti hijau muda dan coklat muda atau krem.

Twill
Bahan twill ini banyak jenisnya, bahkan biasanya agak susah dibedakan dengan bahan drill. Bahan twill yang biasa dipakai untuk jaket adalah twill super (begitu orang konveksi menyebutnya), secara sekilas serat (alur) dan keteballnya mirip dengan bahan jeans.

Drill
Bahan drill ini juga banyak jenisnya, mulai dari yang keluaran pabrik dalam negri maupun yang keluaran pabrik luar (contohnya, American Drill, Japan Drill, Taipan Drill, Dan drill-drill merek lokal). Bahan drill ini biasa digunakan untuk jaket-jaket yang agak formal, bahkan biasanya sering dipakai celana. Biasanya bahan drill dipake untuk seragaman, contoh seragam pegawai negri yang coklat.

Corduroy
Bahan corduray ini sifatnya halus, walaupun kain ini bergaris-garis. Sselain sebagai bahan jaket, corduroy juga bisa digunakan sebagai bahan celana.

Micro
Begitulan orang konveksi menyebut untuk bahan yang satu ini. Bahan ini alurnya (serat) sangat kecil, dipegang cenderung licin. Biasanya digunakan untuk bahan jaket resmi dan celana resmi. Sifat bahanya jatuh, sehingga tidak mudah kusut.

Parasut
Bahan parasit ini adalah bahan jaket dan celana yang kedap air. Tapi ada beberapa jenisnya dari parasit yang tidak kedap air juga. Bila digunakan pada siang hari mentereng, bahan ini menimbulkan panas, karena sirkulasi di bahan yang hampir dikatakan nol (krn kedap air itu sifatnya). Bahan parasit ini menggunakan bahan baku poliester, makanya agak panas.

Fleece (Fliss)
Bahan ini ada 2 macam, yaitu bahan flis katun dan bahan flis CVC. Bahan flis katun tidak menimbulkan panas dan lebih enak dipakai karena 100% Cotton. Sedangkan bahan Flis CVC ada campuran poliester sekitar 35%. Bahan Flis ini biasanya digunakan untuk sweater-sweater. Bahan Flis juga biasanya dipakai untuk jaket-jaket fullprint (disablon seluruh badan + tangan), karena sifatnya yang mudah menyerap tinta sablon.

Babytery
Bahan Babytery ini mirip dengan flis bahkan susah membedakannya untuk orang awam, hanya serat (alurnya) lebih kecil dan lebih halus. Penggunaannya hampir sama dengan bahan fliss, untuk sweater-sweater. Mungkin itulah jenis bahan-bahan jaket yang saya ketahui yang biasa dipesan ke perusahaan kami. Untuk lebih jelasnya dan agar tidak ada kekeliruan, bila anda akan memesan jaket, disertakan sampel bahan jaket yang anda inginkan.

Piu
Bahan Piu Seratnya sangat halus, biasanya ada yang sudah selapis dengan bahan emen. Piu ini Tahan Air seperti Daun Talas. Biasanya digunakan untuk Jaket keperluan Karyawan atau Pegawai bagian Lapangan dan Jaket Motor.

Ripstok
Bahan Ripstok sangat mudah dikenali dari Seratnya yang Kotak-kotak, Biasa digunakan juga sebagai bahan Tas bagian Luar. bahan ini tidak tahan air, bahkan ada yang menggunakan bahan tersebut untuk bahan dasar Seragam Tentara & Kemeja lapangan.